TONSILECTOMY #2


Jumat pagi tanggal 1 maret 2013. gue berangkat pagi-pagi dari bandung ke jakarta. jam 12 gue sampai di RS MITRA KELUARGA bekasi barat. lalu gak lama disusul mama dan mbak serta pacarnya yang brondong. :p oke. kita langsung menuju dokter spesialis THT. berhubung gue udah googling sebelumnya jadi udah tau jadwal dokter yang ada pas weekend. 

setelah konsultasi dengan Dokter Kosasih Yusuf yang jadwal prakteknya udah mepet banget antrean yaitu dari jam 09.00-13.30 akhirnya dokter yang sangat ramah itu memberikan gue opsi : 1. obat untuk penghilang bunyi di telinga 2. operasi
dokter yang ramah banget ini meneduhkan banget bikin perasaan terus tenang. beliau bilang kalo udah siap operasi besok pagi langsung kita lakukan tindakan. operasinya gak lama kok cuma 1 jam paling.

Pre-Op
sorenya setelah mengurusi bagian administrasi gue langsung melalui berbagai tahapan test lab. pertama masuk keruang Radiologi untuk rontgen dada. lanjut keruang lab test darah. pas mau diambil darah gue memegang erat tangan mama. suster mengusap lengan kanan gue dengan alkhohol dan menyuruh menarik nafas. sedetik berasa jarum itu ditempelkan kelengan seperti siap ditancapkan, belum sakit sih.  setelah menahan nafas agak lama susternya bilang "sebentar ya" gue nyaut "udah ditusuk belum sih sus?" susternya jawab "sebentar lagi ini lagi disedot darahnya"  HAH? pas gue liat jarumnya udah masuk dan udah 2 tabung kecil yang keisi tinggal 1 tabung lagi. wah kok gak berasa ya jarumnya masuknya? hebat sekali.
hah sorak sorai gembira dihati karena udah berhasil melawan rasa takut dan berhasil diambil darah.


setelah itu gue pergi mencari makan keluar sebelum nanti malam disuruh puasa selama 8 jam. lalu balik lagi ke RS dan masuk ruang Inap kelas 3. jangan salah kamar inap kelas 3 ini udah bagus menurut gue. maklum RS ini terhitung mahal. jadi jelas kualitasnya bagus dan pelayanannyagak bertele-tele. dengan catatan asal kuat DUITNya.

jam 9 pacar tercinta datang menemui di ruang CEMPAKA kamar 319 lantai 3, ruangan yan serba putih mulai dari seprei, bantal dan gulingnya. tapi berhubung mama masih kuat menunggui yaudah deh dia pulang.
gak lama setelah dia pulang suster datang, "yuk di rekam dulu jantungnya"
hmm ini test ketiga namanya tes EKG alias rekam medik jantung. alatnya kayak penyedot susu ibu ditempel-tempelin gitu ke dada, agak malu sih harus bertelanjang dada sama traumanya seperti waktu pertama kali di lulur disalon. iyeuuh.  selesai test EKG, tensi darah di ukur lagi, masih normal 110/70. tapi denyut nadi lebih cepat mungkin karena deg-degan.

jam 11 malam suster dateng lagi membawakan baju operasi, baju putih tipis yang cuma bertali-tali dan dilarang memakai bra. oh ok! setelah mengganti baju yang dibantu susternya. terus baru deh pasang infus. AAAAAAA... cuma pengen teriak aja sih. hehehe pada saat itu gue masih tenang jadi gue cuma menarik nafas dan gak ngeliat jarumnya. tau tau udah tinggal diplester aja selang-selangnya. alhamdulillah gak sesakit yang gue bayangkan. dan tepat jam 12 puasa dimulai.

senyum masih sumringah sebelum operasi

Operasi
jam 5 pagi suster datang membangunkan lalu menyuntikan obat antibiotik. HAH test antibiotik ini emang menyakitkan. soalnya disuntiknya pas ditengah lengan terus gak masuk tapi cuma dibawah lapisan kulit. perih. tangan kanan gue abis kena suntikan.  hasilnya gue gak alergi terhadap antibiotik.

jam 8 dokter anestesi datang lalu menanyakan "ada alergi makanan? alergi obat?" gue menjawab "gak ada dok" dokter itu juga ramah. setelah itu gue digiring keruang operasi sama kasur-kasurnya. alamaak ngeri kali kan naik lift pake kasur berasa apaaaa gituuu...
sesampainya di ruang tunggu operasi suster nyuruh gue tetap tenang dan banyak berdoa sementara menunggu dokter yusuf datang. suster juga memasangkan penutup rambut gitu.
suasana diruangan itu biasa aja sih, cuma dingiin banget apalagi pas masuk ruang strelisasi dan ruang operasinya. ada papan jadwal operasi dan tertulis nama gue, yulianti b. zainal/amnesa tonsilitis kronis/ 20th/ Dr.yusuf/ tindakan TE Ravor.
setelah lama menunggu jam 9.30 akhirnya dokter yusuf datang, gue langsung dibawa masuk keruang operasi lalu dipindahkan ke meja operasi. terlihatlah lampu bundar besar tapi gak satu tapi 3. setelah itu datang dokter  anestesi , Dr Djaelani. beliau menanyakan kabar gue sambil memasangkan semacam alat buat tensi darah gitu ke lengan tapi rasanya anget kepunggung. gelombang angetnya naik turun.  lalu Dr. Jaelani menyuntikan obat bius total ke infus 2x. dan gak lama barulah gue melihat sosok Dr. Yusuf dengan senyum sumringah tapi suara dokter yang berbicara ke gue mulai samar. gak lama gue gak sadarkan diri.


Pasca-Op
jam 10.30 gue mulai sadarkan diri. rasanya ngantuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuk banget. pengen bangun tapi badan lemes banget. gue ngeliat sekeliling. "kok diruang tunggu operasi lagi? udah jad di operasi belom sih" pikir gue dalem hati. lalu suster datang. "udah sadar yah?" lalu suster memanggil keluarga gue untuk membantu membawa dari ruang recovery kekamar.
sampainya dikamar ternyata mama dan gendut sudah menunggu. ternyata mama mengantuk dan kedinginan dibawah jadi memilih tidur di kamar gue. kasian.
hal pertama yang gue rasakan adalah SAKIT sekali ditenggorokan. tapi gue gak muntah. yah karena ini sudah memakai radiofrekuensi jadi gak sampai muntah karena obat bius kata susternya.
nelen ludah sakit bgt ngilu juga ke telinga. urat leher rasa mau putus. minum air sering keluar dari idung. periiihh..  sambil leher terus dikompres air es.

tapi gue bersyukur selalu ada sang pacar disaat sulit dan memalukan itu. Bie bilang "itu kamu berani sayang operasi.. beiby aku hebat" senyum nya terkembang. itu yang kutangkap jelas.

Senin pagi setelah check kembali ke Dokter yusuf akhirnya gue dibolehin pulang. Bed rest dirumah selama 1 minggu. dilarang makan yang panas, pedas, asam dan keras. dilarang kena matahari. minum yang dingin-dingin.

BIAYA??? 
operasinya memakan biaya 7 juta. dan untuk administrasi, kamar inap, apotek, dokter yusuf dan dokter anestesi ditambah 5 juta. total 12 juta. dalam waktu 4 hari.


Dan sekarang gue menyadari kalo SEHAT itu MAHAL. beruntung sekali orang tua gue masih mampu membiayai. Alhamdulillah.. terima kasih mama papa gendut dan semuanyaa. :*


lampiran*
kasian banget. kecapean nungguin 2 malem di RS. tidurnya ngorok. 

tampang preman hati hello kitty! nyuapin gue pisang. karena gue gak bisa makan dan maag gue kambuh.  akhirnya suster menyuntikkan obat maag di infus. 

si usil yang bikin berisik. malem-malem menyeruput tutut. kocak banget  adek gue make baju tidur gue karena keujanan dijalan. haha
Breakfast

Lunch. ini enak banget. entah itu telur atau tahu tapi lembut banget.
es kyiiiiimmm 

es kyiiiim lagi dari mbah kakung & mbah putri

Pertama & terakhir 

kado dari Mbak nour lisa & pacar brondongnya

AMANDEL gue hasil karya Dr.kosasih Yusuf

You May Also Like

2 komentar

  1. itu amandel lo?
    keren jg tuh bwt souvenir.. haha

    BalasHapus
  2. HAHAHAHAHA... mata lo!! jijik banget buat souvenir siapa yg mau coba..
    ada tuh amandel di bawa pulang taro kulkas.. hahha mau di lelang ah..
    buat gantiin biaya RS..hahahahha

    BalasHapus