GIVING BIRTH

The first is always the hardest.
Pernah denger ga sih quote itu?? Kalo saya sih setuju dengan quote itu. Segala sesuatu pasti sulit di awal terlebih kalo semua itu baru sebatas dipikirkan belum sampai di jalani.

Contohnya saja saya. Saya adalah tipikal orang yang pemikir hmm.. Lebih tepatnya parnoan deh. Hehe
Dulu waktu masih kuliah jamannya orang berpacaran ngebet pengen nikah atau dinikahin, saya termasuk orang yg cukup menghindari menikah buru-buru. Kenapa? Padahal calon udah cukup mapan dan dewasa kok. Ya, karena saya takut nanti setelah menikah terus hamil dan otomatis melalui proses melahirkan.

Yang ada dipikiran saya adalah, ya ampun gimana sakitnya itu semua yaa. Mulai dari malam pertama, terus nanti berbagai macam drama kehamilan, terus nanti ngelahirin yang normal aja sakit apalagi caesar.
Duuh anaknya jauh dari positive thinking deh saat itu.

Saya memang sangat penakut, haha banyak hal sih yang ditakutin. Terlebih sama Allah. (Apaan deh sok iya) terlebih sama dokter, jarum suntik, obat, RS dan dulu sangat panik kalo ada ambulance.

Pernah menjalani operasi kecil yaitu operasi tonsilektomi alias amandel. Itupun pengalaman pertama masuk rumah sakit, mengenal jarum suntik setelah terakhir itu waktu SD imunisasi. Sebelum operasi sejuta orang yg saya temui saya tanya gimana rasanya disuntik, sesakit apa?
Sampai mencoba nekat nusuk-nusukin tangan pake pin buat mading (majalah dinding) cuma ngetest seberapa toleran saya terhadap rasa sakit.

Tapi setelah semua TERPAKSA dilewati, kesini nya jadi kayak biasa aja sama jarum suntik. Malah ada rasa happy kalo udah disuntik dan gak tegang. *sokberani tapi amit-amit jangan sampe sering-sering disuntik juga sih.

Okee mungkin kejauhan dan kelamaan banget prolog nya yaa.. Back to core.

Setelah masuk kehamilan 9 bulan saya mulai agak deg-degan kira-kira sakitnya kontraksi itu seperti apa ya? Dan pasti bisa ditahan ngga ya?
Secara kadar toleran seseorang beda-beda terhadap rasa sakit kan. Ada yang sakit dikit lebay jejeritan.

Masuk usia kehamilan 37 minggu, bidan yang biasa saya kontrol makin rutin ngeWhatsapp nanyain "mba Yulia, ke bidan ya ketemu sama bidan Asri karena udah deket lahiran", "mba Yulia, gimana udah mules mba?"
Dan sampe 37 minggu lebih 5 hari pun belom kerasa apa-apa cuma kayak berat di selangkangan. Jadi kalo duduk mau berdiri agak nyeri gitu rasanya.

Mulai was-was ko belom mules juga yaa udah 37 minggu ini.. Ya HPL nya emang masih tanggal 28 April atau sekitar 40 minggu.

Tanggal 15 April
Mba Bidan (sebutan untuk sang assistant bidan senior) ngeWhatsaap  nyuruh USG lagi setelah 2 minggu sebelumnya baru USG. Katanya untuk memastikan posisi bayi dan apakah ada lilitan atau ngga.

foto terakhir saat USG

yaah debaynya gusel-gusel terus jadi gak keliatan wajahnya..

Jam 5 sore saya mengantre USG, selesai USG sekitar jam 8 malam dan hasil USG menunjukan bahwa air ketuban saya sudah mulai berkurang yang seharusnya 12 sekarang udah berkurang jadi 8,8. Dokternya bilang "ini harus segera tindakan mba Yulia, karena mumpung masih cukup ketuban nya untuk lahiran normal karena kalo gak segera dikeluarin bayi nya kasihan bayinya makin gak sejahtera di dalem dan nanti beresiko harus caesar kalo makin kering ketuban nya, paling ngga BESOK harus dilahirkan!!, saya saranin untuk INDUKSI di RS jangan di bidan ya untuk meminimalisir resiko"

DEG!! Sepulangnya saya langsung nangis dijalan, serba bingung dan takut. Disatu sisi gak siap, tapi disisi lain kasihan bayinya. Akhirnya saya langsung kontrol ke bidan untuk melaporkan hasil USG.

Ketemu bidan Asri, dan bidan Asri pun ngasih penjelasan soal induksi dan resikonya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa browsing di mbah google. Akhirnya bidan Asri ngasih pilihan ke Suami, besok mau di induksi di RS atau Caesar aja. Bidan Asri menjelaskan ke suami tentang resikonya sebagai bahan pertimbangan, beliau bilang "Mas Aji, ini kan di sarankan buat di Induksi di RS jadi coba di cari dulu aja mau di RS mana, tapi induksi ini kemungkinan berhasilnya juga fifty fifty kadang ada yang udah di tengah jalan pembukaan nya gak nambah atau misal mba Yulia ga kuat nahan sakit dan minta di caesar malah kasian udah nahan sakit luar biasa tapi ujung-ujungnya caesar malah lebih resiko harus ke RS dulu.. Daripada resiko mendingan caesar aja karena saya lihat mba Yulia tipe yang ga kuat nahan sakit nanti baru pembukaan 1 udah jejeritan lagi kan kasian"
Oke dan malah itu kita pulang dari bidan dan mempertimbangkan besok mau tindakan seperti apa dan dimana.. Saya ga mau ambil pusing takut berisko tensi naik atau bayi nya jadi kenapa-napa karna ibunya tegang. Jadi malam itu saya dengan pasrah bobo manis aja sambil berdoa yang terbaik. Sebaliknya sang suami malah ga bisa tidur semaleman, uring-uringan bawaanya.. Sepertinya dia begitu khawatirnya dengan keadaan saya, beberapa kali dia mengusap kepala saya dan bilang "aku takut kamu ga kuat.. Aku takut kamu kenapa-kenapa"
Dan keputusan apapun belum di dapat juga karena saya kekeuh tidak mau caesar dan suami takut akan resiko induksi.

Keesokan harinya..
Tanggal 16 April 2017, jam 11 siang saya berangkat ke bidan karena udah galau nyari jadwal dokter di RS ga ada karena hari itu kebetulan hari minggu. Dan dalam hati kecil saya, saya tetep gak mau di caesar!!
Sesampainya di Klinik, bidan Asri memberi sedikit angin segar, beliau ngasih pilihan untuk coba cek dalam dulu Kalau dinding mulut rahimnya udah lunak dan lurus maka beliau berani ambil resiko untuk induksi di bidan. Walaupun resikonya kalo di tengah jalan induksi ga berhasil pembukaan ga nambah maka tetep dilariin ke RS dan di caesar.
Dan setelah di cek dalam dan itu rasanya sakiittt dan gak nyaman bangeet. Bidan Asri pun kaget, "wah mas Aji ini udah berdarah udah pembukaan 1 ke 2 ini, mba yulia ga kerasa mules emangnya?" Saya sih ga ngerasa mules cuma kayak pengen datang bulan aja pinggul yg berat.

Akhirnya bidan Asri mau ambil resiko coba induksi, lalu jam 11.30 saya mulai di induksi dengan cara di masukan pil ke dalam miss V. Bidan Asri bilang kita tunggu sampai jam 2 ya, kalo pembukaan nambah nanti di tambah dosis nya kalo ngga kita lari ke RS dan caesar aja.

Bismillaah..
Dalem hati mulai mengatur emosi agar tidak panik, tetap tenang biar tensi ga naik dan berusaha positive thinking kalo ini akan berhasil.

Ya sebelumnya saya memang pernah baca-baca artikel tentang pengalaman orang melahirkan dan yg saya dapet, intinya semua kekuatan ada di diri kita dan tergantung gimana kita ngontrol nya. Jangan sampe terucap kata "aduh.. Sakiit" nanti malah jadi ga bisa nahan diri buat gak jejeritan. Dan orang tua juga bilang, " nanti kalo kontraksi sakit di tahan aja jangan jejeritan, malu! Suka ada bidan yang nyinyir nanti di ledek bikinnya diem-diem pas lahiran teriak-teriak"

Hmm.. Maka tips dari saya sebelum melahirkan :
1. Survey bidan/dokter kandungan dan kenali karakternya, apakah dia orang yang menyenangkan yg bisa meredam ketegangan dan sabar atau ngga. Penting!! Untuk mengurangi rasa gak nyaman waktu nahan sakit melahirkan.
2. Survey tempat melahirkan, kalo saya lebih suka di bidan karena selain ekonomis saya lebih suka suasana yang kekeluargaan dan tenang. Beda kalo di RS kayak gawat gimana gitu perasaan. Tadinya pengen gentle birth dirumah aja tapi bidan sekarang gak bisa di bawa kerumah.
3. Positive thinking! Takut, panik, pengen nangis pasti ada. Wajar! Tapi tetaplah berpikir positif. Yang saya tanamkan adalah saya pasti bisa melahirkan normal! Dan di mudahkan, diberi kekuatan!
4. Berdoa dan ber-istigfar! Saya sejak di mulai induksi tidak berhenti dalam hati berdoa meminta kekuatan, kemudahan dan kelancaran. Baca al-fatihah dan istigfar beribu kali mungkin. Saya percaya minta apapun kalo ditambah al-fatihah pasti dapet kok! Dan istigfar supaya lebih sabar dan kuat nahan sakitnya.

Jam 2.. Di cek dalam lagi..
Pembukaan maju sudah pembukaan 3. Alhamdulillah manjur juga ramuan kuning telur+minyak kelapa yang tadi saya minum setelah induksi pertama. Yak mama dan mantan pembantuku yang menemani dan ngasih ramuan ajaib itu. Glek!! Rasanya gak karuan kuning telurnya pecah di tenggorokan! Dan setelahnya rasa minyak lengket di mulut. Weekk!

Oke karena sudah pembukaan 3, maka dosis di tambah melalui infus. Dan kali ini saya di suruh berbaring miring saja biar cepet turun bayi nya.
Dan setelah di tambah dosis lewat infus, rasa sakiit luar biasa mulaai dirasakan. Ya beberapa temen dekat yang sudah melalui proses induksi ini emang bilang kalo rasa sakitnya lebih luar biasa sakit di banding kontraksi alami. Oke berpedoman pada teman sebut saja namanya Ipeh (syarifah) dia juga mulai di induksi jam 11 pagi dan baby zufar lahir jam 8 malam. Jadi mungkin saya juga sama.

Jam 3..
Rasa sakiiitt di bawah perut dan pinggang belakang makin ga karuaan.. Sakiiiiiittttt luar biasaaaaa!!! Sangaat sakiittt!! Ga ngerti harus gimana menjelaskan rasa sakitnya.. Kayak mau meledak badan rasanya tulang mau patah semua.
Udah sakitt bangeet terus kepingin pipis mulu, dan ribet sama selang infusan. Pas pipis pun cuma keluar lendir daraah ternyata bukan pipis..
Mulai ga kuaat nahan sakit dan ga rilek (baca : relax) segala posisi di coba, miring, nungging, jongkok. Akhirnya mencoba mengatur nafas, istigfar dalem hati, dan nungging! Best position to heal the painfull.


Suami dateng abis dari rumah bawa perlengkapan yang ketinggal dan segera nelpon ibu mertua ngabarin kalo udah pembukaan 3.
Suami mulai panik waktu liat saya makin pucet dan gak bersuara apa-apa.  Di tanya sakit? Saya cuma mengangguk atau mengedipkan mata.

Lalu bala bantuan datang.. Suami, si mba nur (mantan assistant Rumah tangga dulu yang emang masih deket banget), dan mama. Gantian ngusap-ngusap pinggang belakang waktu saya makin pecicilan. Tapi sumpah deh di usap-usap itu ga ngaruh banyak! Tetep sakiittt bangeet. Istigfar aja mendingan.

Yak air mata mulai menitik tanpa suara.
Lalu setiap 15 menit sekali mba bidan datang untuk cek detak jantung si bayi.
Dan ketika dia liat saya pucat dan keliatan kesakitan banget kali ya.. Mba bidan nya nanya "Mba yulia sakitnya udah berapa menit sekali?" Dengan santai nya nanya begitu. Disaat saya udah kayak mau mati nahan sakit. Saya cuma jawab "udah gak berjeda mba sakitnyaa kayaknya sakiit terus dan sakiitt bangett"

Lalu mba Bidan melapor ke Bidan Asri, dan Bidan Asri langsung nyuruh untuk memindahkan saya ke ruang tindakan.
Jam 3.30 cek dalam lagi.. (Yang seharusnya cek dalam min 4 jam sekali)
Ternyata udah pembukaan 8!!!!!

ini padahal udah pembukaan 8 tapi masih sempet foto dulu ampunn..

Bidan asri memuji ketahanan saya dan beliau tetap tenang sambil menyiapkan alat-alat.
"Wah mba Yulia hebat banget kuat nahan sakit yaa gak ada jeritan nya tau-tau udah pembukaan 8 loh ini sebentar lagi ya mba Yulia"
Lalu beliau memanggil suami untuk ikut menyaksikan proses melahirkan. "Mas Aji berani gak liat darah? Mau nyaksiin ngga?"

Gak lama suami masuk dan bawa air zamzam.. Di tengah nahan sakiitt bangeett saya di minumin air Zam-zam dan di balurin ke perut, air zam-zam yang di bawain sama si mba Nur. Ya ampun doi sigap banget nolongin nya. Semoga kebaikannya di balas sama Allah ya mba.

Lalu saya makin ga kuaat, dan rasanya pengen ngeden bangeet!!! Lalu berbekal teori dari mba tukang cuci gosok dirumah, kalo mau ngelahirin katanya pegangin kakinya pantat jangan di angkat biar ga sobek.
Oke saya kebetulan ingat pesan itu maka saya pegang kaki saya. Tapi ternyata pas ngeden refleks ngangkat pantat juga.

Gak sampai 10 menit pembukaan lengkap dari 8 ke 10 dan dalam 2x ngeden sang buah cinta keluar!

Alhamdulillaaaaaahh... Leganyaaa..
Melihat sang bayi keluar air mata rasanya ga terbendung lagi.. Saya dan suami nangis berpelukan! Moment itu rasanya penuh cintaa sekali dan hikmat bangeet.. Penuh syukur ya Allah.

Sebelumnya sang suami panik ketika proses ngeden saya mulai menutup mata. Aslinya saya ga nyadar sih kalo mau merem pokoknya gak kuat aja rasanya.

Alhamdulillah bayi yang kami beri nama "Kiano Shaquille Shehzad" lahir dengan selamat, bersih gak berlemak-lemak, namun sayangnya si dede ngga langsung nangis..




gemess banget bulet kayak telor mukanya dan bulu matanya lentik banget kedip-kedip lucu banget.. 

Di takutkan ada tertelan air ketuban yang keruh dan jadi infeksi maka sang bayi di sedot cairan di mulutnya dan di pasang selang oksigen sebentar.. Sambil di tepuk-tepuk pantatnya gak lama si dede nangis menggelegar!

You May Also Like

0 komentar